Home > Theme, WordPress > Tips Memilih Theme WordPress

Tips Memilih Theme WordPress

Dengan banyaknya pilihan theme WordPress, maka kita harus jeli dalam memilih. Jika salah pilih, bukan hasil maksimal yang didapat tapi justru sebaliknya.

Berikut tips bagaimana memilih theme yang tepat untuk blog WordPress, khususnya yang self hosting.

  1. Gunakan Theme dari penyedia yang terpercaya.
    Apapun theme WordPress yang anda pilih, selalu cek theme tersebut apakah dari tempat atau developer yang kredibel atau tidak dan juga yang berlisensi alias bukan bajakan atau tidak. Ini sangat penting karena berkaitan dengan update dan support dari theme tersebut. Terlebih lagi untuk theme WordPress yang gratis, akan lebih baik anda menggunakan theme yang ada di direktori theme WordPress karena bisa dipastikan kualitasnya sudah melalui berbagai test dan review kelayakan dari tim WordPress.
  2. Jangan Memilih Theme Berdasarkan Desain Gambarnya
    Banyak theme yang lebih menawarkan sisi kekuatan desain graphic atau gambar yang bagus tetapi dari segi fitur, struktur dan fungsionalitasnya biasa saja. Gambar justru malah menambah berat loading.
  3. Pertimbangkan Fitur dan Fungsinya
    a. Widget ready.
    Saat ini, fitur ini sudah menjadi hal mutlak yang ada dalam sebuah theme karena bermanfaat untuk memudahkan dalam memanajemen tampilan blog . Akan lebih bagus jika theme yang dipilih memiliki fitur yang bisa memposisikan widget dalam berbagai posisi seperti widget sidebar samping, widget header dan widget sidebar footer.
    b. WP Custom Menus Ready.
    Ini merupakan fitur yang mengatur menu navigasi yang diperkenalkan sejak WordPress versi 3.0 diperkenalkan dan masih banyak theme developer yang masih belum menerapkan atau mengupdate theme mereka agar mendukung fitur ini. Jika anda menginginkan fleksibilitas dalam pengaturan menu tanpa perlu melakukan tweak kode maka anda perlu mempertimbagkan theme yang sudah mendukung fitur ini. Lebih dari satu custom menu seperti pada bagian header dan footer akan lebih baik.
    c. Layout dan Struktur Yang Bervariasi.
    Ini adalah fitur yang sangat membantu menjadikan blog kita tampil beda seperti kebebasan mengatur tampilan konten dengan gaya blog, magazine atau portal video serta fitur untuk mengubah letak posisi sidebar ke kiri maupun ke kanan atau tanpa menggunakan sidebar sama sekali alias full width.
  4. Tampilan Desain
    Kostumisasi Logo atau Header. Memiliki fitur untuk mengganti dan mengupload gambar logo atau gambar header. Kostumisasi Background. Memiliki fitur untuk menggunakan gambar sebagai background dan pemilihan warna background.
  1. 14 January, 2015 at 4:19 am

    anda suka banget dengan thema ini sampai blogspot pun pake inove ini

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: